Lomba kreasi makanan berbahan lokal

Administrator 13 Agustus 2019 18:47:04 WIB

Salah satu kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Imdonesia yang ke 74 dilakukan oleh ibu ibu PKK Desa Sampang adalah dengan mengadakan lomba cipta kreasi menu berbahan dasar ketela yang merupakan produk makanan lokal yang tersedia cukup melimpah di Desa Sampang.

Acara lomba berlangsung pada Senin, 12 Agustus 2019 bertempat di Balai Desa Sampang. Peserta lomba adalah ibu ibu dari PKK Padukuhan. Dengan adanya lomba kreasi cipta menu tingkat desa seperti ini diharapkan mampu menularkan ilmu bagi seluruh peserta agar apabila nanti diharuskan mengikuti lomba ke tingkat yang lebih tinggi mampu mengikuti.

Saat ini pemerintah sedang menggalakan program Ketahanan Pangan. Yang mana program ini dimaksukan agar kita kembali ke alam di sekitar kita sebagai tempat mencari bahan bahan olahan makanan, seperti halnya adalah ketela yang banyak sekali ditemukan di wilayah Desa Sàmpang ini. Diharapkan dengan pengetahuan ini ibu ibu mampu beralih dari bahan makanan yang berasal dari olahan industri menjadi bahan makanan yang berasal dari lingkungan sekitar, misalnya saja kita bisa mengganti terigu dengan tepung casava yang berasal dari ketela untuk membuat pastel seperti menu yang berasal dari Padukuhan Kayen, maupun menjadi berbagai olahan makanan lainya.

Selain berbahan ketela kita juga harus mempertimbangkan kandungan gizi yang terkandung dalam olahan makanan dengan cara berkreasi seperti pembuatan nugget yang berasal dari ketela yang diparut dengan mencampurkan protein didalamnya seperti ikan ataupun daging.

Lomba ini menempatkan Padukuhan Kayen menjadi Pemenang Lomba dan di posisi ke 2 Pondok sedangkan Karangasem di tempat ke 3. 

Acara ini diharapkan berlangsung setiap tahun untuk menggali ide ide kreatif ibu ibu PKK sekaligus menjadi tempat bereksplorasi sehingga kemampuan ibu ibu PKK bertambah tegas Suwarti sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sampang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar