Pengadaan air bersih sebagai Upaya Pencegahan Stunting Primadona RKPDes Sampang

Administrator 31 Juli 2019 22:16:32 WIB

Sesuai Jadwal yang telah di tetapkan sebelumnya oleh BPD, hari ini Rabu 31 Juli bertempat di Balai Desa Sampang telah terlaksana Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa Sampang (MusDes RKPDes) yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawarat Desa (BPD) yang Di fasilitasi oleh Pemerintah Desa.

Kegiatan ini menghadirkan Warga Masyarakat dari berbagai Unsur, diantaranya RT maupun RW, PKK, Karang Taruna, Pokdarwis, Pengelola BUMDES, Pendidik PAUD, Kader Kesehatan, KPMD, Tokoh Agama. Selain menghadirkan perwakilan Masyarakat kegiatan ini mendapat pendampingan dari Kecamatan Gedangsari yang diwakili Kasi PMD Tri Joko, dan juga dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Gedangsari II yang diwakili oleh Ika, dan tak lupa Bhabinkamtibmas Desa Sampang Bripka Harri Nugroho.

Pemerintahan Desa mengetahui bahwa permasalah utama di Desa Sampang yaitu tentang Air bersih. pengadaan Air bersih merupakan salah satu upaya dasar untuk pencegahan Stunting. air bersih mempunyai pengaruh yang besar terhadap proses pengembangunan manusia. Dalam proses 1.000 hari kehidupan pertama air merupakan hal yang sangat penting. Di Tahun 2020 selain infrastruktur fisik maka sanitasi dan ketersediaan air bersih menjadi prioritas pembangunan. Cakupan air bersih dan sanitasi merupakan amanat dari Pemerintah Pusat maupaun Pemerintah daerah.Bila air bersih sudah terbangun maka yang harus kita fikirkan adalah sumber- sumber air bersih harus kita jaga. Kita jaga sungai, gerakan penghijauan , kita tanami tumbuhan tumbuhan yang bisa menyimpan air dan juga menghasilkan seperti, Gayam, Pete, Beringin. Program Inovasi Desa harus ada karena sudah menjadi komitment kepala Desa ungkap Tri Joko selaku Kasi PMD Kecamatan Gedangsari dalam sambutanya.

Selain Pengadaan Saluran Air Bersih masih banyak program kerja lainya yang harus diselesaikan oleh pemerintah Desa, Diataranya pembangunan Infrastruktur baik Cor blok, Talud, Drainase maupaun yang lain. dalam bidang kesehatan Pemberian PMT baik Bagi Balita, Bumil, Lansia maupun anak Paud menjadi salah satu program selain pembangunan Jamban Sehat bagi keluarga kurang mampu. Dalam bidang keamanan lingkungan Linmas tak lupa akan di anggarkan dana operasional yang akan disesuaikan dengan kemampuan Desa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar